Sabtu, 01 Oktober 2011

 
IT vs IS
Who Wins?



Saat ini jaman uda makin modern dan berkembang makin maju dan pesat. Dan Seperti yang telah kita ketahui juga, jaman modern  ini telah membuat kita menjadi  sangat bergantung suatu informasi. Dimana dengan adanya informasi, kita dapat mengetahui banyak hal yang terjadi di daerah kita sendiri maupun di seluruh dunia, sehingga dapat membantu kehidupan kita nantinya. Oleh karena itu suatu informasi pastilah memerlukan teknologi untuk penyampaiannya. Dimana teknologi untuk menyampaikan informasi itu disebut dengan teknologi informasi.

          Kalo jaman dulu, yang namanya informasi cara penyampaian nya pasti lah lewat surat, atau informasi itu datang dari mulut-mulut orang secara langsung dan terus menyebar luas. Tentunya hal ini perlu waktu yang lama. Bahkan cepat menjadi basi karna cara penyampaiannya yang relatif lama. Keadaan dan ide-ide yang terus bermunculan dimana-mana menuntut zaman harus berbuat segala sesuatu dikerjakan dengan cepat.Tetapi karena sekarang uda ga lagi jadul, alias modern, ada banyak sekali teknologi yang muncul untuk menyampaikan informasi-informasi. Contohnya saja televisi, pesawat telepon, HP, Komputer, laptop, radio, dan banyak lainnya. Itu hanya perangkat kerasnya saja ato yang saat ini banyak disebut sebagai hardware. Masi ada perangkat lunak atau software dalam teknologi informasi itu sendiri.

          Tapi inget nih... yang namanya informasi itu butuh yang namanya sistem. Untuk mengirim surat aja nih, perlu yang nama e suatu sistem, agar semuanya teratur dan terorganisir secara tepat dan baik. Seseorang menulis surat lebih dulu, lalu mengirimkan ke kantor pos, kemudian oleh kantor pos baru dipilah-pilah sesuai dengan tujuan-tujuan surat yang ada, baru mengirim kan nya ke daerah yang dituju oleh si penulis surat.. hal ini adalah suatu rantai sistem.

Demikian pula dengan sistem informasi saat ini, informasi itu dapat diketik atau bisa dikenal dengan istilah menginput data informasi, dengan menggunakan perangkat keras atau hardware, baru akhirnya menghasilkan output, misalnya melalui printer untuk mencetak informasi atau data informasi tersebut, misal berupa laporan. Ini sistem yang cukup sederhana. Berbeda lagi dengan sistem yang besar.


Oleh karena itu IT vs IS tidak ada yang menang.. why?? Ya karena IT memerlukan suatu sistem untuk menjalankannya.. yang dimaksud sistem ini adalah sesuatu yang dibuat atau dirancang agar yang namanya informasi itu dapat disusun sesuai dengan tujuannya dan dapat disalurkan melalui teknologi-teknologi yang mendukung sistem tersebut. Dan sistem informasi itu mengendalikan berbagai macam informasi untuk disampaikan pada pengguna. Jadi sebenarnya sistem informasi itu adalah proses yang menjalankan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk kepentingan tertentu SEHINGGA, IT dan IS adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahin ataupun berdiri sendiri.. tanpa sistem informasi, teknologi tidak dapat berjalan. Demikian sebaliknya, sistem informasi tanpa media dan perangkat yang membentuknya, tidak akan berjalan juga.. So, IT VS IS ga ada yang menang...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar