Selasa, 13 Desember 2011

Internet For Retail Business Making Money On The Web

 

Melihat perkembangan tekonologi dan sistem informasi pada saat ini yang sangat pesat, yang diiringi dengan majunya teknologi informasi, membuat dunia bisnis mengikuti perkembangannya dengan ditandai oleh munculnya usaha retail dalam melalui internet yang biasanya disebut sebagai e-retail. Karenanya, banyak perusahaan yang berlomba-lomba buat mencari berbagai macam informasi yang selengkap mungkin, dan mampu mendukung kegiatan usaha mereka, supaya dapat memberikan layanan yang terbaik bagi konsumen melalui situs web secara online.

Sebenarnya yang dimaksud dengan E-retail itu sendiri adalah penggunaan teknologi seperti komputer dan internet untuk menjual berbagai macam produk dan layanan secara online kepada dunia. Karena dengan melakukan bisnis secara online, perusahaan dapat menjangkau pelanggan secara lebih luas atau global. Dengan memperluas jangkauan, jumlah pelanggan akan semakin bertambah, dan otomatis juga akan meningkatkan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis.

Perkembangan E-Retail Secara Global

Perdagangan e-retail pada tahun 1998 belumbegitu dikenal oleh masyarakat secara global. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu e-retail mulai mengalami banyak perkembangan.
  • Datamonitor tahun pada 1998 hingga 2001 mengalami kenaikan dari 37.0 (₤ million) menjadi 490.0 (₤ million) dan pada tahun 2003 menjadi 1207.0 (₤ million).
  • Optimedia pada tahun 1998 hingga 2001 dari 400.0 (₤ million) mengalami kenaikan menjadi 4700.0 (₤ million) dan pada tahun 2003 menjadi 7200.0 (₤ million).
  • Forrester pada tahun 1998 dan 2001 belum diketahui secara jelas jumlah penghasilannya, tetapi pada tahun 2003 diketahui sebesar 3000.0 (₤ million).
  • Jupiter pada tahun 1998 hingga 2001 mengalami kenaikan dari 101,0 (₤ million) menjadi 730.0 (₤ million) dan pada tahun 2003 menjadi 2580.0 (₤ million).
Walau pun demikian pada masa mendatang jumlah ini akan terus mengalami peningkatan. Sehingga tidak salah jika dikatakan trend di masa mendatang adalah non-store retailing melalui internet yang dikenal dengan e-retailing, e-tailing atau e-Commerce B2C. Yang mana bila dilihat dari analisanya berarti perkembangan teknologi informasi ini perkembangan sangat pesat.
Proyeksi pertumbuhan pasar di Inggris dalam kurun waktu 6 tahun yaitu dari tahun 1999 hingga tahun 2005 mengalami kenaikan yang cukup besar. Hal ini terbukti pahwa perdagangan retail melaui internet atau yang sering disebut sebagai e-retailing semakin marak digunakan oleh berbagai macam sektor.

Kategori yang menjual computer software, music and video, buku, peralatan elektronik, pakaian, produk kecantikan, mengalami pertumbuhan yang pesat dalam perdagangan via internet atau e-retail.
Dengan adanya e-retail ini keuntungan yang diraup pun besar karena memiliki pangsa pasar yang luas dan jaringan informasi yang cepat, sehingga dapat mengikuti perkembangan dan keinginan konsumen.

Hambatan atau Kendala E-Retail

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Ingris sendiri, ada 5 hambatan utama yang menghambat E-retail itu sendiri, diantaranya :
  • Barang yang ingin dibeli oleh konsumen teryata tidak tersedia.
  • Produk tidak disampaikan atau terkirim dalam waktu yang dijanjikan.
  • Membayar biaya ongkos kirim yang terlalu mahal untuk pengiriman produk.
  • Masalah koneksi atau jaringan.
  • Tidak menerima laporan konfirmasi atau status pada pembelian.
Kelebihan dari e-retail

Beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh dengan adanya E-Retailing adalah :
a. Merupakan cara penjualan produk yang efektif dan cepat.
b. Aman secara fisik.
c. Perluasan pasar.
d. Memperpendek jarak.

Dalam pemanfaatan teknologi seperti komputer, pad, HP, dan juga jaringan dapat dimanfaatkan untuk mendukung pekerjaan dalam e-retailing, sehingga dapat membantu meningkatkan penghasilan. E-retail berpengaruh terhadap pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yaitu sebagai alat pendukung dalam menjalankan bisnis e-retail sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan perdagangan. Kemajuan teknologi komputer dan komunikasi akan mempercepat pertumbuhan e-retailing. Dimana sistem perdagangan yang biasanya memerlukan sistem dan jalur perdaagangan yang panjang dapat ditempuh secara singkat melalui e-retail yang lebih cepat dan efisien. Dengan e-retail dapat memperluas jangkauan pasarnya, sebab dengan internet semua orang dapat mengakses website retail tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar